Sabtu, 28 Januari 2023

 

Wali Kelas membagikan raport di dalam kelas masing-masing

Apa yang kalian rasakan jika nilai raportmu bagus atau meningkat? Pasti senang, kan. Bagaimana kalau kurang bagus atau menurun? Ya, kecewalah. Ah, itu mah biasa dalam suasana penerimaan raport. Lalu, bagaimana jika nilai kalian salah input? Nah, kasus inilah terjadi pada kegiatan “raport-an” semester ganjil di SMP Cipta Dharma-Ceedha (16/12/22).

Kasus salah input nilai ini terjadi pada salah satu siswa kelas 8 yang tidak mau disebutkan namanya. Menurutnya, dirinya kaget ketika menemukan nilai mapel tertentu turun drastis. Padahal, anak ini tegolong siswa yang pintar di kelasnya. Usut punya usut, ternyata terjadi kesalahan input nilai terhadap dirinya.

“Sebetulnya, itu bukan nilaiku. Namun, karena kesalahan input, nilai itu masuk ke namaku. Terang saja aku kaget. Rankingku menjadi melorot,” terangnya dengan nada sedikit kecewa.

Walaupun tidak banyak, kasus ini harus mendapat perhatian lebih dari pihak sekolah. Setidaknya, wali kelas harus mengecek dengan detail nilai siswa sebelum dicetak ke dalam bentuk raport. Hal inilah yang disampaikan oleh Dra. Ni Luh Susilawati, M.Pd. “Padahal, kami sudah mengingatkan wali agar selalu mengecek dengan detail nilai siswa sebelum dicetak ke raport. Namun, tetap saja masih dijumpai kasus tersebut. Mungkin ini kasus human error yang harus kita kawal terus,” terang Susilawati.

Karena itu, Susilawati menyarankan agar siswa selalu kroscek nilainya dengan pihak wali. Jika dijumpai kasus salah input, ia meminta siswa melaporkan ke wali masing-masing untuk memperbaiki dan mencetak ulang raport. (Rara, Editor: Ketut Serawan)

0 komentar:

Posting Komentar