Sabtu, 28 Januari 2023

 

Para siswa sedang serius mengerjakan soal-soal SAS semester ganjil


SMP Cipta Dharma (Ceedha) nyelenggarain Sumatif Akhir Semester (SAS) Ganjil tahun pelajaran 2022/ 2023 kemarin (28 November s.d. 2 Desember 2022). SAS diselenggarakan secara offline, tetapi soalnya berbasis online. Semua siswa mengerjakan soal-soal melalui gadgetnya masing-masing. Model online inilah yang dimanfaatin oleh sejumlah oknum siswa untuk bekerja sama hingga membobol soal SAS.

Kasus pembobolan soal terjadi pada hari pertama pelaksanaan SAS. Sejumlah siswa sudah mengetahui soal mapel tertentu sehingga memudahkan mereka dalam menjawabnya. Untungnya, kasus ini segera tercium oleh pihak panitia penyelenggara.

Karena itu, mulai hari kedua dan selanjutnya, panitia mengutak-otak kode keamanan soal agar tidak dapat dibobol lagi. Tindakan panitia tersebut membuahkan hasil. Mulai hari kedua sampai terakhir, pelaksanaan SAS dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Berawal dari isu. Kemudian, pengawas menjumpai anak-anak terlihat santai dan cepat mengerjakan soal-soal. Terus, diceklah rekapan nilainya. Ternyata nilainya besar-besar,” terang Putu Eka Putra ketika menanggapi isu pembobolan itu.

Menurut waka kurikulum dan sekaligus ketua panitia SAS SMP Ceedha ini, kasus pembobolan itu memberikan pelajaran terhadap pelaksanaan SAS berikutnya. “Pasti kami format lebih ketat di masa yang akan datang supaya tujuan SAS dapat tercapai optimal,” ujarnya. (Gek Praba, Editor: I Ketut Serawan)

0 komentar:

Posting Komentar