Sabtu, 28 Januari 2023

 

Penampilan Tari Modern Dance dari Perwakilan Siswa Kelas 7

SMP Cipta Dharma menggelar jeda tengah semester ganjil selama 5 hari (26-30 September 2022). Kegiatan jeda kali ini tergolong beda banget, lo. Biasanya, kegiatan jeda diisi dengan kegiatan akademik, kayak tes tengah semester gitu. Namun, tahun ini, jeda diisi dengan kegiatan non-akademik yaitu pentas seni (kreativitas).

Para siswa mengisi panggung secara bergantian, mulai dari siswa kelas VII (4 kelas), kelas VIII (5 kelas) dan kelas IX (6 kelas). Sebelumnya, para siswa diajak menata kebun sekolah selama 2 hari. Sisanya, diramaikan dengan pentas seni dan “jualan”.

Setiap kelas diwajibkan menyumbangkan acara bebas minimal 1 acara. Acara itu bisa berupa seni tradisional, modern, dan kontemporer. Karena itu, ada yang mementaskan gender, nyanyi, solo drum, stand up comedy, drama kontemporer kolosal dan lain sebagainya.

Meskipun persiapannya tergolong singkat, tetapi anak-anak SMP Cipta Dharma mampu menampilkan acara dengan optimal. “Salut. Mereka mampu nampilin seni dengan maksimal. Padahal, persiapannya kurang lebih seminggu, lo,” terang Putu Eka Putra, waka kurikulum SMP Cipta Dharma ini.

Di samping pentas seni, setiap kelas juga mendirikan stand jualan. Berbagai masakan dan minuman dijual, misalnya bakso, sosis, roti, kentang dan berbagai minuman kekinian. “Kita tidak mau terjebak kepada pembelajaran yang teoretis saja. Sesekali kita harus ajak siswa belajar real (nyata). Pentas seni melatih siswa mengasah keberanian siswa tampil. Sedangkan, berjualan melatih membangunkan mental wirausaha siswa,” ucap I Ketut Serawan, S.Pd., waka Humas SMP Cipta Dharma ini. (Mada, Editor: I Ketut Serawan)

0 komentar:

Posting Komentar